Ikan sebagai satu bahan olahan makanan, sudah sangat popular dan banyak digemari. Namun, di Kabupaten Purwakarta, produk makanan ini diracik berbeda sehingga cita rasa dan kesegarannya sangat terjamin. Bagi anda yang penggemar makanan, tapi takut bermasalah dengan bau amis, tak perlu lagi khawatir. Sebab, kini di kabupaten berjuluk Santri ini tersedia olahan dan racikan masakan ikan air tawar istimewa yang tidak terasa amis/anyir. Cita rasa yang unik justru muncul dari racikan bumbu yang unik pula. Satu lokasi kuliner yang menyediakan menu olahan ikan air tawar di Kabupaten Purwakarta, yakni Rumah Makan (RM) Samara Pawon di Desa Situ, Kecamatan Pondoksalam. Di lokasi yang jaraknya sekitar 3 km dari wilayah kota itu terdapat berbagai olahan makanan yang cita rasanya dijamin menggugah selera. Salah satu yang ditawarkan ialah olahan masakan ikan air tawar gurame.

Menu hidangan ikan gurame di RM Samara Pawon olahannya ada yang dibuat sop maupun goreng tepung. Jenis sop tampilannya disajikan dengan potongan daging ikan gurame dipadu kaldu special beraroma kemangi dan dikombinasi bumbu-bumbu pilihan, terdiri daun kemangi, bawang merah, bawang merah goreng dan tomat. Sedangkan menu gurame goreng tepung dihidangankan dari kombinasi daging ikan gurame yang terbalut tepung goreng dan ditaburi bumbu khusus ekstra pedas selain dipadu irisan cabe hijau, cabe merah dan bawang bombay segar. “Khusus untuk menu Gurame Kasiraman Lada kita sajikan dengan rasa ekstra hot. Dan untuk menu Sop Gurame Aroma Kemangi, tak juga hanya diracik tanpa berbau amis, namun diracik dengan kuah segar dari cita rasa khas,” ujar Ega Saptawati didampingi Agoestono Soepono, Owner RM Samara Pawon Purwakarta.

Aroma masakan dua olahan ikan gurame yang resepnya dibuat khusus ini sungguh memikat dengan bumbu yang menggugah selera dan sensasi tersendiri, ketika mengena lidah. Radar yang diberi kesempatan menikmati hidangan masakan ikan gurame dalam suasana malam waktu itu, kontan seperti diajak bertualang lidah dan berkenalan dengan hidangan istimewa menu gurame ala RM Samara Pawon. Belum lagi, suasana tempat yang didesain ala Sunda dengan aneka suasana alam pedesaan semakin membawa diri untuk jauh menikmati santapan lezat jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Sebagai pelengkap, ada alunan musik tradisional Sunda yang menemani sepanjang pengunjung bersantap di RM Samara Pawon. Gemercik air dan angin sepoi-sepoi di bawah terangnya bulan, remang cahaya lampu, obor, tanaman hias dan lilin di sekelilingnya tak kalah menambah romansa lokasi di wilayah pinggiran Kota Purwakarta tersebut. Bahkan, pada musim tertentu pengunjung akan dipersilahkan memetik hasil alam yang ada di lokasi RM Samara Pawon seperti buah rambutan, durian dan mangga. “Kalau lagi musimnya, pengunjung disini bisa ikut memetik hasil alam dari beberapa tanaman buah disini,” ungkap Ega diamini Agoes Soepono.

Kecuali itu, lokasi makan yang tersedia dapat di pilih bila masih memungkinkan (belum di reservasi), baik di dalam bangunan utama berupa meja-meja makan, maupun lesehan ala saung-saung yang berada di sekeliling area rumah makan bagian belakang. Termasuk, sarana ngadadak ngampar dan penunjang lainnya seperti mushola, areal parkir dan toilet. “Kita pun melayani acara reuni, ultah, meeting, pernikahan, hingga kumpulan keluarga dengan kapasitas luas lahan kurang lebih 3 hektar,” papar ibu asal Tasikmalaya yang mengenakan kerundung ini.

Soal harga, relatif murah. Sop ikan gurame aroma kemangi dan gurame goreng tepung kasiraman lada dibandrol dengan harga Rp8750, per ons. Dan untuk menu minuman dingin jus katumbiri yang memiliki tiga warna maupun es salju yang dibubuhi cappucino ditawarkan Rp 12 ribu hingga Rp10 ribu. Para pengunjung dapat datang menikmati suasan dan cita rasa RM Samara Pawon dari pukul 09.00 WIB hingga menjelang dini hari buka setiap hari. Selamat berwisata kuliner.