Tak banyak masyarakat yang tahu keberadaan wisata Sumber Air Panas Ciracas di Kabupaten Purwakarata. Mereka hanya tahu sumber mata air panas berada di Ciater, Kabupaten Subang, atau Cipanas Kabupaten Garut.

Maklum, masyarakat kebanyakan mengenal Purwakarata bukan derah perbukitan yang sejuk dan hijaunya, namun terkenal dengan wisata waduk Jatiluhur dan Cirata.

Silahkan baca juga artikel mengenai   Tempat Wisata di Purwakarta

Terletak ±8 km atau dari Situ Wanayasa mencapai 60 kilometer dari pusat kota, berlokasi di kaki bukit dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah dengan udara yang sejuk.

 

Wisata Alam Sumber air panas Ciracas

Jalan Menuju Wisata Alam Sumber air panas Ciracas

Meskipun tidak ada petunjuk arah, tapi jika bertanya pada warga sekitar maka lokasi itu akan mudah dicari. Apalagi, jika sudah menanyakan mata air panas. Pasti semua warga akan mengetahuinya. Lokasinya yang di kaki bukit dikelilingi oleh pepohonan, pematang sawah dengan hamparan yang cukup luas menggambarkan nuansa alam pedesaan.

Pada bagian utara tampak panorama alam yang indah serasa menyatu dengan nafas kehidupan masyarakat. Bila kita berkunjung ke tempat itu, akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat luar biasa.

Sumber Air Panas Ciracas KEbun TEh

Hamparan perkebunan teh terlihat hijau di kiri kanan jalan sejak perempat Legokhuni menuju Desa Ciracas. Selain perkebunan teh, terlihat juga pepohonan dengan ukuran besar di kanan kiri jalan.

Di tempat ini terdapat sekitar 12 titik sumber mata air panas (hot spring), beberapa di antaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat.

Menurut keterangan masyarakat setempat, mandi di sumber air panas alam tersebut di samping dapat memberikan kesegaran jasmani juga dapat memberikan penyembuhan untuk pengobatan penyakit kulit, rematik, pegal-pegal dan lain sebagainya.