Tujuan utama (specific objectives) kegiatan outbound adalah menimbulkan karakter positif bagi peserta baik bersifat personel maupun team yang ditandai dengan meningkatnya:

 

  1. komunikasi efektif (effective communication)
  2. pengembangan tim (team building)
  3. pemecahan masalah (problem solving)
  4. kepercayaan diri (self confidence)
  5. kepemimpinan (leadership)
  6. kerja sama (yinergi)
  7. permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)
  8. konsentrasi/fokus (concentration)
  9. kejujuran/sportivitas.

Ragam manfaat tersebut bermuara pada tercapainya pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) yang dapat dirasakan oleh para peserta. Hal ini penting mengingat sukses seseorang dalam kehidupannya sangat ditentukan oleh kepercayaan diri (self efficacy), kemampuan mengontrol emosi, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Para pakar di bidang kecerdasan emosi berpendapat bahwa sukses dalam karier di perusahaan (juga di ranah kehidupan lainnya) lebih ditentukan oleh kecerdasan emosional dibandikan dengan kecerdasan intelektual. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangkan kecerdasan emosional mendapat perhatian yang semakin besar

Sumber : Ancok, D. (2002). Outbound management training, Yogyakarta: Tim UII Press