Kita hidup sebenarnya tidak lepas dari hidup berkelompok dalam sebuah tim. Kita dibesarkan dalam keluarga; belajar di sekolah ; di kelas; dan bekerja bersama dengan orang lain dalam sebuah organisasi. Dalam kelompok tersebut kita sebagai keanggotaan tim yang akan membantu kita menentukan siapa kita.

Sifat Alami Sebuah Tim

Sifat Alami Sebuah Tim

Apa itu Tim

Salah satu definisi terbaik dari tim berasal dari John Adair yang menggambarkan seorang individu apabila didalam sebuah tim diibaratkan sebagai satu kepingan puzzle dalam permainan. Sebuah tim adalah sebuah kelompok di mana pekerjaan dan keterampilan masing-masing anggota akan sesuai satu sama lainnya. Dalam permainan puzzle potongan yang cocok akan sesuai tanpa distorsi dan bersama-sama akan menghasilkan sebuah pola keseluruhan untuk membentuk hasil akhir dari permainan puzzle tersebut.

Asal Usul Tim

Sebuah awal mula dari terbentuknya sebuah tim diibaratkan ketika naluri manusia mulai mencoba turun dari pohon untuk memulai hidup baru di dataran terbuka. Tantangan yang dihadapi manusia kita turun semakin bertambah ketika hidup dialam terbuka, misalnya, dalam menghadapi ancaman dari singa yang sudah lebih awal berada di dataran terbuka, dan kompleksitas masalah akan terus bertambah, terutama dalam cara menangani berbagai ancaman lingkungan seperti menemukan makanan, tempat tinggal, kehangatan, dan keamanan.

Meninggalkan semua orang untuk menyelesaikan masalah sendiri akan memiliki keterbatasan dalam penyelesaian setiap masalah yang semakin bertambah. Mereka menemukan jawaban atas masalah tersebut yaitu dengan mengumpulkan sumber daya menjadi satu dan melakukan koordinasi antara sesama akan menyelesaikan masalah jauh lebih cepat. Akhirnya konsep suku lahir yang pada waktunya berkembang menjadi sebuah cikal bakal konsep sebuah tim.

Tim yang Berhasil

Sebuah tim dapat dikatakan berhasil apabila tidak hanya satu atau sebagian anggota yang dapat mencapai suatu keberhasilan, tetapi semua anggota merasa seolah-olah dapat ikut berpartisipasi dalam sesuatu yang istimewa dan berharga untuk mencapai keberhasilan.

Tidak seperti kelompok atau grup:

  1. Tim akan membuat berbagai tingkat hubungan pribadi yang mendalam dan bermakna
  2. Tim menggugah perasaan semua anggota tim bahwasannya untuk apa tim ini dibuat.
  3. Tim memberikan stimulus dan motivasi pada setiang anggota di dalamnya
  4. Tim menyediakan berbagai bentuk cara untuk bersinergi
  5. Tim selalu berkembang
  6. Tim memiliki tujuan kegiatan pemersatu
  7. Tim memberikan perasaan istimewa bagi setiap anggota dalamnya.

 

Munculnya Istilah Tim dalam Dunia Kerja

Munculnya ide tim khusus untuk digunakan bagi pekerja berasal dari studi terobosan di pabrik GEC Hawthorne di Chicago oleh Elton Mayo pada tahun 1920 dan 30-an. Sebelum studi ini, konsep kerja sama tim di tempat kerja tidak benar-benar ada, jikapun ada tetapi tidak menyebutkan bahwa itu kerja sama dalam sebuah tim.