Berwisata di Purwakarta jangan lupa  mencicipi kuliner yang ada di kota ini seperti  opak, colenak, asinan, manisan, simping dan masih banyak lagi. Namun anda sudah pasti tidak asing lagi ada satu lagi kuliner khas warga Purwakarta yaitu Sate Maranggi.

Sate ini pada saat ini menjadi populer dan sudah dijadikan  kuliner nasional. Rasa gurih dan manis mendominasi rasa sate ini. Sate Maranggi Purwakarta memilki cita rasa yang berbeda terutama keharuman dan rasa manisnya karena berasal dari bahan asli Purwakarta yaitu gula merah aren  yang tidak dapat di jumpai didaerah lain.

Proses pemasakannya awalnya daging sapi bagian tertentu di beri gula aren dan bumbu rahasia  lalu didiamkan semalaman agar bumbu meresap barulah besoknya dibakar.

Di Purwakarta sendiri ada ratusan penjual Sate Maranggi, karena dahulu Sate Maranggi biasa di jual dengan cara di pikul dan biasa menyebutnya bukan dengan kata “Sate Maranggi” tetapi cukup dengan kata “Maranggi” saja.

Jika anda berwisata ke Purwakarta berikut beberapa penjual Sate Maranggi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki keunggulan baik itu tempat dan cita rasa khas dari Sate Maranggi tersebut.

Sate Maranggi Bah Use

Salah satu Sate Maranggi yang terkenal  adalah Sate Maranggi Bah Use. Sate ini terletak di Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan Purwakarta . Warung Sate Maranggi Abah Use terletak disamping Balai Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan.

Warung sederhana yang tidak terlalu besar ini tidak pernah sepi pengunjung terutama pada hari libur atau jam makan siang. Pengunjung harus  antri dengan teratur animo masyarakat untuk datang ke warung tersebut  seolah tak pernah surut.

Sate Maranggi Bah Use sangat terkenal di Purwakarta karena harga yang relatif lebih murah dengan rasa dan kualitas daging yang baik.

Sate Maranggi Bah Use ini memiliki tekstur yang empuk, cita rasa yang lezat dan ukuran daging yang besar.  Selain Sate Maranggi, ada pula karedok, sop iga, ayam dan ikan bakar yang pasti tak kalah lezatnya.

Sate Bah Use

Photo Credits : Foursquare

Sate Maranggi Anwar

Sate Maranggi Anwar terkenal didaerah Pondok Salam karena tempatnya strategis ditepi jalan antara Pasawahan dan Wanayasa. Sate Maranggi Anwar juga memilki cabang yang banyak disepanjang jalan tersebut.

Sate Maranggi Anwar menyajikan Sate Maranggi  dengan tempat suasana pedesaan yang nyaman dan asri. Makan dengan cara lesehan dengan di suguhi pemandangan alam antara pesawahan dan pegunungan sehingga membuat betah siapapun yang menikmati hidangan di tempat tersebut.

Di samping tentunya hidangan yang selalu menggugah selera dan membikin lidah ingin mencicipi setiap hidangan yang ada.

Selain hidangan sate Maranggi juga ada sop kambing saat di makan hangat-hangat akan terasa lebih nikmat perpaduan citarasa gurih dan pedas.

Beberapa hidangan lainpun tersedia bagi yang tidak berkenan dengan jenis daging kambing di Sate Anwar  juga tersedia ayam bakar, ikan gurame bakar dan tentunya makanan khas sunda Karedok campuran jenis sayuran segar dengan bumbu kacang yang memikat di samping tentunya juga nasi putih hangat dalam bakul kayu yang eksotis.

Sate Anwar 1

Photo Credits : Foursquare

Sate Maranggi Wanayasa

Pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon pinus dengan latar belakang Gunung Burangrang semakin mempercantik Situ Wanayasa, Purwakarta. Sambil menikmati sedapnya sate maranggi, keindahan alam ini jadi semakin terasa sempurna.

Suasana yang tenang berpadu dengan alam yang indah dan udara yang segar, sangat terasa bila Anda berkunjung ke Situ Wanayasa di Purwakarta, Jawa Barat.

Situ atau yang biasa disebut juga sebagai Danau Wanayasa ini memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Akan tetapi, pulau kecil yang ditumbuhi pohon pinus di tengahnya serta latar belakang Gunung Burangrang yang menjulang membuat parasnya semakin cantik.

Daya tarik Situ Wanayasa semakin bertambah karena tepat di seberang jalan situ terdapat Warung Sate Maranggi yang menjadi khas Purwakarta.

Dengan hadirnya kenikmatan lain di sisi situ, menjadikan lokasi ini sebagai tempat istrirahat favorit bagi para pengendara yamg melalui jalur Cikampek-Purwakarta untuk menuju Bandung.

Mereka bisa merasakan kenikmatan sate maranggi dengan rasa manis, sedikit asam, dan pedas. sambil menikmati panorama nan indah Situ Wanayasa. Demikian juga dengan warga yang berolahraga, apabila sudah lelah mereka biasanya mampir ke warung sate ini.

Wisata Kuliner Sate Maranggi Purwakarta

Photo Credits : Foursquare

Sate Maranggi Si Zalu

Konon pada mulanya sate maranggi yang terkenal adalah Maranggi Mang Udeng yang berjualan di Kecamatan Plered, tepatnya disekitar terminal Plered.

Yang membedakan dengan sate lainnya adalah paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka yang terbuat dari tebu.

Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Biasanya sate maranggi dihidang dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel.

Sate Maranggi Si Zalu

Photo Credits : Foursquare

Sate Maranggi Si Zalu berada di kecamatan Pondok Salam Purwakarta. Pondok Sate Maranggi ini  menawarkan pemandangan alam lembah yang eksotis.

Menikmati sate menjadi lebih nikmat karena terletak di lembah pegunungan yang asri sehingga udara bersih bisa kita nikmati dengan nyaman.  Kondisi seperti ini membuat semakin nikmat kita memakan sate yang terkenal tersebut.