Gangguan ini umum terjadi pada semua orang dan merupakan gejala yang paling mendasar dari suatu penyakit. Sakit kepala sekitar 90% akibat dari gangguan pembuluh darah. Sakit kepala terdiri atas beberapa jenis, di antaranya sakit kepala biasa atau muskuler yang merupakan jenis paling umum dan sakit kepala migrain (sakit kepala sebelah).

Penyebab
Sakit kepala muskuler dapat merupakan respon tubuh terhadap stres, kurang tidur, kelelahan fisik, hipertensi, terlalu lama membaca, atau berada di depan komputer. Sakit kepala migrain cenderung menyerang keluarga atau berhubungan dengan keturunan. Diperkirakan karena adanya ketidakseimbangan kimia otak (neurotransmitter) seperti serotonin dan noradrenalin yang mengakibatkan penyempitan dan pelebaran pembuluh darah di sekitar otak. Sakit kepala dapat juga merupakan tanda atau gejala dari suatu penyakit.

Gejala dan tanda-tanda
1. Sakit kepala migrain berawal pada satu sisi kepala dan berdenyut-denyut, lalu sakitnya menjadi menyeluruh. Sering diikuti dengan rasa mual, muntah, telinga berdengung, penglihatan yang kurang jelas, dan berkunang-kunang.
2. Sakit kepala muskuler menyebabkan rasa kaku di sekitar kepala, ketegangan pada pelipis, dahi, daerah kepala belakang, leher, dan otot-otot tengkuk. Rasa sakit sering parah dan terus menyerang tanpa henti.
Perawatan
1. Beristirahat dalam ruangan yang tenang dan gelap dengan mata terpejam.
2. Pijat kepala dan dahi pada kedua sisi secara perlahan-lahan. Lakukan gerakan relaksasi dengan memutar kepala secara perlahan-lahan ke kiri, belakang, hingga ke kanan.
3. Kompres mata dengan kain dingin dan mandi dengan air hangat.
4. Hindari stres, depresi, dan cemas.
5. Lakukan olahraga secara teratur.

Pengobatan herbal
Resep 1
90 g daun lidah buaya, kupas
20 g jahe
Gula aren secukupnya
a. Cuci bersih bahan, potong-potong. Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, masukkan gula aren, lalu saring.
b. Minum hangat dan makan daun lidah buayanya.

Resep 2
10 g bunga krisan kering
(20 g segar)
5 g daun teh
a. Cud bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga mendidih, lalu saring.
b. Minum hangat sebagai teh.


Resep 3
30.g bagian tengah (kepala) bunga matahari
10 g jahe, iris-iris
a. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
b. Minum setelah makan.

Resep 4 (pemakaian luar)
Bangle secukupnya
a. Cuci bersih bangle, haluskan.
b. Gosok, lalu tempelkan pada dahi dan pelipis.

Catatan:
Pilih salah satu resep pemakaian dalam dan lakukan secara teratur. Disarankan untuk konsultasi ke dokterjika sering sakit kepala.