Sejarah pengobatan alternatif memiliki asal-usul yang banyak diambil dari  metode tradisional pengobatan. Pengobatan alternatif telah ada sejak zaman dahulu. Menjadi ilmu purba, sistem obat ini telah dikenal manusia sejak awal waktunya di Bumi.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit yang pada manusia sebagai ilmu kedokteran purba.

Praktisi medis tradisional atau alternatif sebagian besar bertujuan untuk pencegahan suatu penyakit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh manusia sendiri.

Studi mengenai sejarah pengobatan alternatif sangat menarik untuk dipelajari dengan   berbagai macam meteode dan tingkatan pengobatan alternatif tidak hanya menyangkut cara menyembuhkan tetapi bertujuan yang lebih baik yaitu  menjaga dan memulihkan kesehatan secara lebih permanen dan menyeluruh atau secara holistic.

Dipraktekkan selama ribuan tahun pengobatan alternatif  seperti  pengobatan Akupunktur, Ayurveda, Bekam dan penggunaan obat-obatan herbal tradisional Asia.

Pengobatan alternatif dipandang dari ilmu saat ini merupakan cabang dari Complementary and Alternative Medicine (CAM)  pada bagian perawatan dan terapi.

CAM sering dikombinasikan dengan pengobatan formal atau konvensional atau mengintegrasikan kedua praktek medis untuk tujuan mendapatkan hasil terbaik pada  pasien.

Sedangkan metode pengobatan alternatif sebenarnya berusaha untuk mencapai keseimbangan antara tubuh dan energi alam. Energi dicari sebagai energi positif dan negatif, di mana energi positif untuk membawa kebahagiaan dan kesehatan sedangkan energi negatif merupakan energi yang cacat sebagai bentuk perlawanan untuk menghadapi penyakit.

Hal yang sangat penting dalam menentukan terapi atau perawatan dalam sistem pengobatan alternatif adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti pola makan dan pengelolaan depresi pada pasien.

Pariwisata Medis dan Pengobatan Alternatif

Dalam perakteknya pengobatan alternatif akan melibatkan berbagai displin ilmu  terutama yang berhubungan dengan gaya hidup, hal ini  secara tidak langsung  mengajak pasien untuk kembali ke alam dengan merubah pola hidup modern yang penuh dengan hal instan.

Menggunakan dan mengikuti praktik pengobatan alternatif tidak hanya bertujuan menghilangkan  penyakit tetapi juga meningkatkan ketahanan tubuh si pasien untuk melawan sendiri penyakit tersebut.

Solusi alami dianggap tidak  bertentangan dengan fisiologi manusia dengan membantu dalam mempertahankan kelenturan kekebalan dari tubuh. Sistem alami dari obat tradisional menggunakan kombinasi bahan-bahan alami untuk mengembalikan konstituen tubuh secara holistic.

Pendekatan secara holistic sebagai lawan pengobatan konvensional yang hanya selalu melihat  sekumpulan gejala untuk mencari  obatnya deibandingkan menggali-akar penyebab suatu penyakit.

Hal ini juga berpendapat bahwa meluasnya penggunaan obat modern telah memperburuk sistem kekebalan tubuh dalam fisiologi manusia sehingga obat-obat modern sebelumnya menjadi kurang efektif. Hal ini juga sering dikatakan bahwa pengobatan alternatif adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Pengobatan Alternatif dan Pariwisata Medis

Pariwisata Medis dan Pengobatan Alternatif-1
Dengan konsep perubahan pola hidup kembali ke alam maka akan memberikan kontribusi ke sektor wisata  yaitu pariwisata medis (medical tourism) atau dapat disebut sebagai wisata kesehatan. Pengobatan alternatif mengulurkan potensi besar dalam menarik wisatawan medis.

Sebagai contoh negara India yang kemungkinan akan menjadi pusat utama untuk pariwisata medis, dengan pendapatan dari industri diperkirakan tumbuh dari US $ 333.000.000 pada tahun 2007 menjadi US $ 2,2 miliar pada 2012, kata sebuah studi oleh Confederation of Indian Industry (CII)  dan McKinsey .

Keunggulan kompetitif  India untuk pariwisata medis adalah karena banyaknya alternatif pengobatan tradisional yang berasal dari negara ini seperti Ayurveda dan Naturopati.

Pada saat ini banyak negara-negara dengan keunggulan alamiah mereka mencoba  menarik wisatawan dari seluruh dunia dan mempromosikan pariwisata medis lebih serius lagi.

Pariwisata Medis Indonesia

Kegiatan pariwisata medis  merupakan salah satu penggerak perekonomian yang penting di kawasan Asia Pasifik dengan besar uang dibelanjakan secara global diperkirakan mencapai 100 miliar dollar AS pada tahun 2012.

Nilai itu mengalami peningkatan sebesar 20-30 persen dari 78,5 miliar dollar AS yang diperkirakan dibelanjakan untuk wisata kesehatan pada tahun 2010.

Kebijakan Pariwisata medis  di Indonesia akan dikembangkan pada dua aspek yaitu “medical tourism” atau perjalanan wisata untuk mendapatkan layanan kesehatan medis dan “wellness tourism” untuk mendapatkan layanan kesehatan non medis yang seringkali berupa layanan bersifat promotif atau preventif.

Meskipun demikian di Indonesia tidak banyak tempat pariwisata medis yang besar dan fokus pada penyembuhan secara alternatif kebanyakan hanya berbentuk pusat kebugaran dan spa saja.

Salah satu dan pioner untuk konsep pariwisata medis adalah Rumah Sakit Holistic atau Indonesian Holistic Tourist Hospital  (IHTH) yang terletak di Desa Salam Mulya Kecamatan Pondok Salam Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

IHTH  menggunakan metode pengobatan Holistik yang didasarkan kepada hukum alam yang utuh yang terdiri dari bagian-bagian yang saling tergantung satu sama lain. Di alam terdiri dari air, udara, tanaman, binatang panas, dingin dan lain-lain yang semuanya saling berkaitan satu sama lain.

Gangguan pada satu bagian akan berpengaruh terhadap bagian yang lain sehingga terjadi suatu ketidak seimbangan.

Hal yang sama terjadi pada tubuh manusia yang terdiri dari bagian-bagian fisik, mental, emosional, sosial dan spiritual yang merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Ketika satu bagian terganggu atau tidak bekerja dengan baik, akan mempengaruhi bagian yang lain.

Rumah sakit holistic menyuplai obat-obatan herbal dengan memanfaatkan herbal asli Indonesia dan membangun Planta Holistica Organic Farming untuk pengembangan, pertanian, peternakan dan tanaman organic.

Pariwisata Medis India

Di India, pariwisata medis dalam pengobatan alternatif  sebagian besar diwariskan dari India Selatan dan beberapa tempat di India Utara-Timur.

Di dunia India terkenal dengan sekolah pengobatan Kerala yang mengajari metode  Siddha, Naturopati dan Ayurveda dalam mengobati pasien mereka.

Praktek medis tradisional ini diperkirakan menarik wisatawan medis kelas atas  Eropa dan negara-negara Timur Tengah.

Keuntungan penting bahwa negara seperti India dalam promosi pariwisata medis seperti yoga dan Ayurveda selalu dikombinasikan dengan tempat-tempat wisata yang ada.

Terapi Naturopati memberikan  solusi alami dengan mempercayai elemen alam seperti udara, air dan sinar matahari, kemudian dikombinasikan dengan terapi pijat dan toning pada tubuh manusia.

Naturopati percaya bahwa tubuh manusia memiliki kapasitas untuk menyembuhkan sendiri, asalkan berada dalam lingkungan yang sehat. Dengan pendekatan holistik untuk kesejahteraan, Naturopati percaya bahwa tiga entitas fisik yaitu tubuh fisik, jiwa supernatural dan pikiran yang  harus terintegrasi melalui energi alami.

Kesembuhan  dari penyakit dan obat-obatan hanya dapat dicapai dengan merubah ke gaya hidup alami. Ayurveda, sistem perawatan kesehatan yang paling kuno, mengambil bahan-bahan dari alam. Ayurveda mengklaim untuk menyembuhkan penyakit seperti diabetes dengan bantuan alam.

Metode pengobatan Siddha, merupakan bagian dari Ayurveda, melalui kombinasi herbal, mineral dan teknik pengobatan ilmiah berdasarkan prinsip kuno ilmu kedokteran untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

Metode Siddha menganggap alam dan manusia sebagai satu kesatuan penting. Dengan melihat karakteristik fisiologis seperti penuaan manusia sendiri bisa dijelaskan dengan solusi alami.

Semakin terkenal metode pengobatan Naturopati dan Ayurveda maka semakin tumbuh pesat juga sektor pariwisata lain. Seperti halnya Vivekananda Medical Research Trust di India telah melayani wisatawan medis untuk detoksifikasi, imunisasi dan meremajakan melalui Yoga, Pranayama, Panchkarma, Meditasi dan naturopati dan sekaligus menawarkan paket wisata lainnya.

Kerala dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia pada bulan Juni, Juli dan Agustus. Bulan ini dipandang sebagai periode terbaik untuk menyembuhkan penyakit tubuh melalui Ayurveda. Fasilitas medis yang berkualitas tinggi tetapi tersedia dengan harga yang rendah sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan medis untuk datang ke Kerala.

Poovar Island Resort didatangi wisatawan dari negara-negara seperti Australia, Eropa dan Jerman. Paket yang ditawarkan di spa ini adalah Ayurvedic mencakup layanan seperti pijat minyak Ayurvedic, pijat bubuk, diet vegetarian, program detoksifikasi dan perubahan gaya hidup.

Ayurveda Gram adalah lembaga Ayurvedic di Bangalore dengan menawarkan Ayurveda yang unik kepada wisatawan medis. Menawarkan layanan seperti Yoga yang telah disesuaikan, Pranayama, Meditasi, dan diet vegetarian untuk meningkatkan metabolism tubuh pasien.

Kampus megah ini penuh dikelilingi tanaman obat untuk membantu dalam proses penyembuhan penyakit tertentu seperti arthiritis, Spondilytis, Kolesterol, Sinusitis, peptikum Bisul dan Obesitas. Terapi lain oleh Ayurveda Gram meliputi terapi Manajemen Stres, Panchkarma dan terapi peremajaan.

AYUSH, adalah departemen Ayurveda, Yoga, Naturopathy, Unani, Siddha dan Homeopathy yang dibentuk berdasarkan Indian Medicine Central Council Act, 1970. Salah satu kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh AYUSH adalah pameran  kesehatan yang diselenggarakan di beberapa bagian Hyderabad, Chennai, Indore dan New Delhi.  AYUSH bertugas memastikan Ayurvedic, Unani dan Siddha produsen utama di India berpartisipasi dalam pameran kesehatan ini.

Pusat Ayurvedic lain yang terkenal di India adalah CVN Kalari Pusat Ayurveda. Kalari adalah salah satu pusat Ayurvedic yang diakui oleh Dinas Pariwisata Kerala.

Kalari memiliki pelanggan dari berbagai negara asing yang mengkhususkan diri dalam Marma chikitsa (penerapan tekanan pada titik-titik saraf tertentu) dan praktik khusus lainnya untuk penyembuhan.

Memiliki aspek terapi dan rejuvenative di dalamnya dimana prosedur penyembuhan diri dengan Ayurveda secara ekstensif untuk mengobati sakit. Beberapa resort Ayurvedic  membantu penyembuhan pasien dengan meningkatkan efektivitas pengobatan dengan  minyak.

Regimens diet adalah program detoksifikasi dan proses lainnya yang memberikan kulit lebih bersinar dimana terapi sangat popular dikalangan wisatawan medis.

Beberapa dari resor Ayurvedic juga mengatur kelas memasak untuk membantu pelanggan mereka memperoleh pengetahuan untuk mempertahankan gaya hidup.

Ananda, sebuah Ayurvedic Spa di Himalaya adalah salah satu resor tujuan wisata yang paling terkenal di India. Menawarkan khusus paket Ayurvedic Aroma terapi dan pijat, program refleksi untuk peremajaan, program rilis stres, sesi private Yoga, analisis komposisi tubuh dan program penurunan berat badan melalui Yoga dan Ayurveda.

Ananda menawarkan paket dan terapi untuk menyembuhkan penyakit seperti sakit kepala, mual, gangguan iklim, kelumpuhan wajah, insomnia, asma, neuralgia dan melakukan perbaikan metabolisme.

Pariwisata Medis Cina

Sudah lebih dari 3000 tahun obat tradisional Cina telah terkenal  di dunia. Sebagai obat yang paling popular dan digunakan oleh lebih dari seperempat dari penduduk dunia dalam mengobati penyakit kronis seperti kanker bahkan, AIDS, dan penyakit jantung alergi.

Traditional Chinese Medicine (TCM) telah menggunakan tanaman obat, latihan terapi dan akupunktur untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Diagnosis TCM berdasarkan pada teori lima elemen dan juga teori Yin-Yang. Teori  lima elemen dasar tersebut terdiri atas elemen kayu, api, tanah, logam dan air untuk membuat sambungan antara fisiologi manusia, patologi dan lingkungan alam.

Pergerakan lima elemen ini mengikuti aturan fungsi tubuh manusia dengan menetapkan saling ketergantungan antara keduanya.

Teori Yin-Yang adalah untuk memahami sisi terang dan gelap alam semesta, dengan kata lain menunjukkan sifat berlawanan dari alam semesta. Sifat relatif Yin mewakili keterkaitan antara substansi dan fungsi. Menurut tradisional medis Cina hanya dengan substansi dan fungsional yang cukup baik tubuh manusia dapat sehat.

Obat herbal Cina lebih dikenal sebagai chinese materia medica. Aspek utama dari TCM membahas seni menggabungkan tanaman obat sebagai visualisasi keseimbangan seluruh tubuh manusia.

Energi dan semangat untuk mengobati kondisi medis. Herbal digabungkan menjadi ramuan yang berbeda dari berbagai karakteristik untuk pasien dan penyakit yang berbeda.

Berbagai jenis herbal seperti Astragalus, Ginkgo, Ginger, Green Tea, Siberia Ginseng dan bawang putih digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Akupunktur, sebagai bagian dari TCM digunakan untuk membuka blokir aliran energi vital melalui tubuh manusia. Salah satu teknik penyembuhan tertua di dunia, metode ini bertujuan memulihkan kesehatan melalui simulasi titik-titik tertentu pada tubuh.

Penyakit seperti mual, kecanduan dan beberapa jenis rasa sakit dapat diredakan dengan bantuan akupunktur. Dengan junlah sumber daya manusia yang berlimpah, China memikat wisatawan medis ke jaringan terapi pengobatan alternatif.

Paket kesehatan di Cina ditawarkan dengan biaya rendah dan tanpa efek samping, sehingga Pengobatan Tradisional Cina menjadi sangat popular dan berada dimana-mana.

Di Cina pusat pijat dan spa telah didirikan untuk kesehatan mental sedangkan untuk pengobatan fisik  wisatawan medis diberikan ramuan obat alamai tradisional Cina.

Apartemen kesehatan didirikan untuk tujuan melayani wisatawan medis yang menetap. Apartemen kesehatan juga memfasilitasi wisatawan yang gemar melakukan aktivitas sehat seperti melakukan kegiatan Taiji.

Pariwisata Medis Jerman

Praktik pengobatan alternatif Jerman memiliki asal-usul di Homeopathy, sistem medis yang dikembangkan oleh Samuel Hahnemann, seorang dokter Jerman.

Homeopathy menganggap gejala seperti gangguan dari kekuatan penting yang memiliki koneksi dengan tubuh manusia. Homeopathy Advocators percaya bahwa sistem medis ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit akut seperti flu, dingin, nyeri, depresi dan kelelahan, sembelit, mudah marah selain penyakit kronis.

Homeopaths dikenal untuk pengobatan yang tidak menakutkan  dan  sang terapis jarang menyentuh secara fisik pasien.

Mereka lebih berkonsentrasi pada pikiran dan sikap pasien terhadap kehidupan. Persiapan ramuan yang berbeda di Homeopati dilakukan sebagian besar dengan bantuan herbal, mineral dan ekstrak hewan.

Kebanyakan dokter di Jerman diwajibkan untuk dididik dalam terapi alternatif sebagai selain perawatan medis modern.

Dengan lebih dari 300 kota-kota spa, Jerman telah menjadi tujuan utama untuk kesehatan dan kesejahteraan di Eropa.

Salah satu resor paling terkenal di Jerman adalah Baltic Spa Resort di Warnemnde. Terletak di pantai Laut Baltik, Resort itu mengidealkan air laut sebagai alat farmasi Homeopathy dan mengklaim mengandung semua elemen penting dan memiliki komposisi yang mirip dengan darah manusia. Air laut dapat mengobati penyakit fisik seperti penyakit pernapasan, gangguan tidur dan obesitas revitalisasi.

Selain itu gangguan mental seperti depresi dan kecemasan dapat disembuhkan dengan bantuan air laut ini. Sedangkan angin laut dapat mengobati penyakit  cardio-vascular serta kondisi dermatologis.

Pariwisata Medis Jepang

Pengobatan Jepang dikenal dengan Kanpo atau Kampo, yang merupakan obat herbal hasil dari penelitian secara klinis modern dan metode obat tradisional.

Varian Jepang dari pengobatan Cina tradisional atau obat Oriental, Kanpo pengobatan dengan menggunakan mekanisme dan naluri  alami penyembuhan.

Perawatan medis ini melibatkan diagnosis lidah, perut dan denyut nadi.  Pada setiap tahap pengobatan terdapat  formula yang berbeda untuk membawa tubuh yang sakit kembali ke sehat.

Obat-obatan herbal ini sudah diatur oleh Pemerintah Jepang. Obat Kanpo digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit akut dan kronis seperti cardio-vascular, pernapasan, pencernaan, reproduksi, kondisi dermatologis dan melakukan koreksi pada sistem kekebalan tubuh.

Metode ini bahkan diklaim dapat menyembuhkan gangguan seperti mengompol, kolesterol tinggi dan hepatitis.

Terapi Kanpo menggunakan beberapa diagnosis pengobatan alami, dimana menggunakan konsep seperti air, darah dan udara untuk mengidentifikasi gejala fisik.

Juga  diklaim dengan obat herbal tidak menghasilkan efek samping karena komposisi alami. Para terapis Shiastu Anma  sering melakukan kunjungan ke negara lain seperti India dan Singapura untuk membantu dalam promosi pariwisata kesehatan.

Shiastu Anma adalah  seni pijat tradisional Jepang bertujuan untuk melepaskan aliran darah untuk meremajakan tubuh.

Pariwisata medis di Jepang telah  juga terkenal karena memiliki daerah gunung berapi yang memungkinkan pembentukan beberapa mata air panas mineral yang disebut Onsen.

Onsen berfungsi sebagai tempat di mana yang sakit bisa mendapatkan pengobatan alternatif untuk praktek medis modern. Onsen memiliki sifat obat yang menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit dan menambah energi.

Wisatawan dan orang yang menderita berbagai jenis sakit dan nyeri datang berbondong-bondong ke mata air mineral tersebut. Sifat penyembuhan mata air ini berasal dari tanah vulkanik sekitarnya yang terdiri dari banyak mineral dan elemen kuratif.

Pariwisata Medis Korea

Korea dikenal dengan nama Negeri Ginseng karena mereka mempunyai banyak sekali ramuan, terutama aka-akaran, yang mereka gunakan sebagai obat tradisional.

Sebagai contoh Herb Island  yang didirikan pada tahun 1998, Herb Island ini lebih menekankan pada menanam dan menumbuhkan tanaman herbal Mediterranian.

Taman Herbal dalam ruangan Taman Botani menawarkan lebih dari 180 jenis tanaman, sementara taman herbal luar ruangan taman Botani memamerkan tatanan tanaman herbal yang mempesona yang dikelilingi oleh alam.

Apabila Anda ingin menikmati suasana yang rileks dan sekaligus menyegarkan kembali badan Anda, Anda dapat mencoba menikmati spa dengan menggunakan ramuan herbal alami.

Setiap ruangan terapi dilengkapi dengan fasilitas pusaran air dengan aroma terapi yang memenuhi ruangan. Di sini selain mendapatkan pijatan dengan ramuan alami yang dapat mengendorkan otot-otot Anda, Anda juga dapat menyegarkan pikiran dengan menghirup aroma terapi yang dapat mengistirahatkan syaraf-syaraf Anda

Di bawah pengelolaan Korea Tourism Organization (KTO) yang sejak tahun 2009 mensinergikan semua layanan kepariwasataanya, industri pariwisata Korea pun semakin matang. Organisasi ini berada langsung di bawah lembaga kepresidenan yang mengurusi bidang pariwisata dan budaya. Sudah berdiri cukup lama dan mewakili perwakilan di hampir seluruh benua.

Wisata medis Korea Selatan memberikan anda kesempatan berwisata sambil berobat. Di bawah KTO, rumah sakit yang kompeten dikumpulkan untuk memberikan fasilitas pengobatan kualitas dunia dipadukan dengan tur ke situs-situs wisata di Korea Selatan.

 

Kesimpulan

Pengobatan alternatif memiliki kelebihan dibandingkan teknik medis modern dan obat-obatan barat yang mahal.

Praktek seperti Holistic, Ayurveda, atau Homeopati menganggap operasi dan kimiawi selalu menjadi pilihan terakhir dalam pengobatan suatu penyakit.

Obat-obatan alami seperti tumbuh-tumbuhan dan mineral sebagai alternatif yang dapat digunakan selain pengobatan kimiawi modern untuk mengobati banyak penyakit kronis seperti diabetes dan AIDS.

Hal ini juga yang membuat praktisi medis modern berevolusi membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pasien dengan menerapkan metode alternative untuk penyembuhan tingkat yang lebih holistic dengan memberinya perspektif baru untuk hidup.

Pengobatan alternative juga memberikan sudut pandang berbeda dari industri yang lain mengukur potensi industri lain yang luar biasa dimana terdapat hubungan yang erat antara pengobatan alternatif dengan pariwisata medis.