Pada saat ini perekonomian dunia menunjukkan perkembangan kinerja yang mengarah pada tercapainya perdagangan bebas. Perkembangan baru ini semakin didorong oleh pertumbuhan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat sehingga memungkinkan terjadinya penyebaran  informasi dalam waktu yang teramat singkat, dan kegiatan-kegiatan global lainnya yang mengubah dunia menjadi kawasan tanpa batas.

Peningkatan kinerja ini tentunya sangat berpengaruh terhadap sikap pribadi setiap masing masing personalia, kadang kita jumpai di berbagai media-media ada karyawan di perusahaan ini stress akibat beban kerja yang begitu besar, ada juga karyawan induvidualistis sudah tidak memiliki rasa kebersamaan dalam bekerja, mereka bekerja hanya untuk diri sendiri tidak mau tau tentang pekerjaan orang lain.

Banyaknya permasalahan-permasalahan ini perlu disikapi dengan seksama oleh berbagai pimpinan organisasi, lembaga-lembaga, atau perusahaan yang  merasa memiliki sistem pekerjaan yang monoton atau memerlukan kerjasama tim yang tinggi.

Pola kerja seperti ini bisa menjadikan kinerja setiap personal akan mengalami permasalahan kalau tidak dilanjuti dengan suatu kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan pencerahan.

Kegiatan yang sangat umum dan sekarang menjamur adalah kegiatan permainan outbound, Banyak perusahaan, organisasi masyarakat, dan lembaga pendidikan mulai menggunakan metode manajemen outbound dalam Eksperimen sumber daya manusia personilnya. Dalam permainan outbound mempunyai tujuan tertentu, terutama dalam hal meningkatkan kinerja.

Program traning outbound ini akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau permainan yang akan diadakan di alam terbuka.   Program outbound ini dipandu secara profesional oleh para trainer dan fasilitator yang berpengalaman dalam manegement indoor atau outdor pelatihan, transfer attitude knowledge dan skills. Dimana setiap kegiatan yang dilaksanakan mengasah sensor kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Permainan ini mengandung unsur kegembiraan sehingga peserta merasa nyaman dan menyenangkan.

Permainan tersebut secara garis besar dibagi dua yaitu High Impact Games dan Low impact games. Low impact games adalah sebuah program training yang dilakukan dalam suasana yang santai namun seru dan menyenangkan (Fun and Fresh). Dibalik itu semua tersimpan segudang manfaat yang bisa dipetik, berguna untuk mempererat kekompakan yang ada. Sedangkan  high impact games adalah sebaliknya sebuah program training outbound yang dapat memicu andrenaline.

Berikut beberapa permainan outbound yang biasanya sering dimainkan dan  ditawarkan oleh biro perjalanan dan event organizer.

High Impact Games

High Ropes Activity

Permainan Outbound yang dilakukan diatas ketinggian. Contoh permainan: Flying Fox, Spider Webs, Two Line Bride, dan lain lainnya.

Paintball

Sebuah program permainan outbound yang mensimulasikan suasana tempur (War Games) dengan menggunakan “marker” (sebutan senjata paintball) berpeluru cat.

Rafting

Rafting (Arung Jeram) adalah kegiatan mengarungi sungai. Menantang derasnya arus liar dan curam yang dahsyat.

Low Impact Games

Ice Breaking

Ice Breaking digunakan untuk menghilangkan ketegangan peserta dan menstimulus antusiasme peserta untuk siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Ice Breaking ada di setiap program training. Game-game yang ada di Ice Breaking disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta.

Fun Games

Fun Games adalah jenis games yang digunakan untuk membuka personal block dan menggairahkan suasana pelatihan. Game yang dimainkan di Fun Games juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Team Building Games

Team Building Games adalah games yang berkaitan dengan kemampuan personal dalam bekerjasama dengan orang lain.

Effective Communication Games

Effective Communication Games adalah games yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi secara efektif yang meliputi kemampuan mendengarkan dan memahami pendapat orang lain, serta  pengeksplorasian gagasan.

Problem Solving Games

Problem Solving Games adalah games yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Synergy Games

Synergy Games adalah games yang digunakan untuk menyadarkan betapa pentingnya setiap bagian dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Definisi mengenai outbound berbeda-beda. Mula-mula secara teori bahasa kata “outbound“ diartikan leaving of departing (keberangkatan atau kedatangan), traveling away from (berpergian jauh), Outwardbound (keluar ikatan). Atau dapat diartikan outbound adalah Wisata yang dikenal dengan adventure tourim game yang Adventure-nya fokus pada pengembangan progam learning yang dilakukan pada kegiatan outdoor dan indoor atau pemanduan dalam satu program outdoor-indoor.

Company outing plus, menekankan pada memberikan fokus akan pentingnya inovasi dan kompetisi individu, dengan serangkaian yang menantang Company outing Plus (Perusahaan wisata Plus), menekankan pada team building (pembentukan tim), Open Inner Barrier (menghadang rintangan), Open Commucation (komunikasi yang terbuka), Motivating (motivasi), Competition (kompetisi) maupun fresh and fun (sehat dan menyenangkan).

Kondisi eksternal yang mampu bekerja dalam tim baik secara individu maupun ketika berinteraksi di dalam tim dan keberhasilan bekerja dalam membutuhkan suatu pelatih untuk dapat memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim. Serta dikemas dengan hiburan permainan game atau adventure yang menyenangkan.