Latihan team building telah mengalami pergeseran kebutuhan yang dahulu dianggap biasa sekarang muncul ke permukaan sebagai bagian penting dari setiap bisnis yang serius. Sebuah tim yang kuat yang tahu mereka bisa mengandalkan satu sama lain akan mengungguli orang lain dalam semua bidang.

Dengan kepercayaan antara anggota baik itu sesama rekan kerja, karyawan atau semua hal yang membutuhkan kerjasama tim akan selalu mengingkatkan hasil yang diinginkan karena semua tim akan memberikan kontribusi yang terbaik. Sebuah tim yang kuat yang tahu mereka bisa mengandalkan satu sama lain akan mengungguli orang lain dalam semua bidang.

Mengapa Team Building Penting

Semua stakeholders yang memiliki kepentingan berbeda harus di hadirkan ketika akan membangun tim untuk menjadi sukses. Semua pihak harus berkomitmen dalam proses dan menganggapnya serius.

Sebagai contoh ‘tim’ sebagai memiliki stakeholder berikut:

  • Para Pelanggan
  • Pelaku Bisnis
  • Pemimpin Tim atau Team Leader
  • Individual dalam Anggota tim
  • Tim secara keseluruhan

Dengan menyadari dan mempertimbangkan masing-masing stakeholder maka Anda dapat mulai melihat bahwa pelatihan team building dapat memainkan peran besar dalam organisasi.

Kegiatan team building yang sebenarnya dapat didasarkan pada aktivitas apapun di mana anggota tim mengandalkan satu sama lain dalam situasi kepercayaan atau membawa mereka bersama-sama dalam semangat kerjasama dan saling pengertian.

Anda mungkin mengalamai kendala mengajak pelanggan Anda untuk mengikuti Outbound dalam membangun kerjasama tim tetapi setidaknya jika staf Anda telah menjalani kegiatan team building, dan staf senior Anda menjadi fasih dalam pelatihan team building, maka pelanggan pun akan mendapatkan keuntungan juga. Pelatihan membangun tim menjadi penting untuk setiap manajemen bisnis dimana untuk memahami dan mendapatkan pencapaian hasil yang terbaik dari setiap kondisi dan situasi ketika tim mereka bekerjsama.

Kegiatan Outbounds dapat direncanakan pada akhir pekan, seminggu di sebuah resor, atau bahkan sesuatu yang sederhana setiap Jumat malam. Pemimpin tim yang baik akan tahu dan mengenali peluang membangun sebuah tim potensial dan mengambil keuntungan dari itu.

Bagaimana Cara Kerja Team Building

Team building dapat bekerja pada semua tingkat untuk semua ukuran bisnis. Manajer proyek mungkin perlu bekerja sama untuk mendapatkan sebuah organisasi besar yang terlibat atau mungkin pemilik bisnis dengan dua atau tiga karyawan. Dengan membawa orang-orang ini bersama-sama dan menempatkan mereka ke dalam situasi atau santai menyenangkan di mana mereka mungkin saling mengandalkan dukungan memberi mereka perspektif baru pada rekan dan perusahaan.

Setelah hubungan telah dibangun, dan saling menikmati setiap kegiatan, maka akan berimbas seterusnya ketika masuk pada dunia kerja sebenarnya. Pekerja yang mungkin di departemen yang berbeda mungkin tidak pernah bertemu di hari ke hari menjalankan bisnis besar. Kesempatan untuk bertemu dan mengenal satu sama lain dalam lingkungan yang kurang formal menempatkan spin positif pada tim dan mereka lebih cenderung untuk mempertimbangkan orang atau departemen saat pengambilan keputusan atau bahkan ikut merekomendasikan pembelian kepada pelanggan meskipun bukan tanggung jawab departemennya. Didalam anggota Tim sendiri memiliki perasaan untuk saling bekerja bersama-sama demi penjualan yang lebih sukses, meskipun angg gota tersebut sudah pindah ke departemen lain.

Kegiatan membangun sebuah tim yang sebenarnya dapat melibatkan upaya besar dan mungkin saja memerlukan biaya besar, atau bisa jadi sebaliknya dengan kegiatan yang lebih murah tapi efektif mendapatkan hasil yang sama. Seperti halnya membuat sebuah situasi dimana setiap anggota tim untuk saling mengandalkan.

Dengan latihan sederhana mengenai kepercayaan pada orang yang belum pernah bertemu sebelumnya akan menangkap Anda ketika Anda jatuh, atau bermain mungkin bermain paintball. Bagian yang paling penting dalam membangun sebuah tim adalah dengan membangun kepercayaan dan saling ketergantungan pada satu sama lain agar tercapai tujuan bisnis perusahaan.

Siapapun yang terlibat dalam membuat kegiagata pelatihan dalam membangun tim harus mencoba untuk berpikir “out of the box “ dan membuat kegiatan yang juga akan menjadi menyenangkan dan memungkinkan bagi individu untuk mengenal satu sama lain di sepanjang kegiatan.

Semua anggota staf akan mendapatkan keuntungan dari latihan team building, dan semua manajemen senior akan mendapatkan keuntungan dari pelatihan team building untuk mengidentifikasi dan melaksanakan kegiatan team building.