Tugas pemimpin adalah membuat orang lain merasa memiliki tujuan dan kemampuan menilai diri.

Ini tidak mungkin berhasil tanpa ada keyakinan Anda terlebih dahulu untuk mengerti kekuatan dan kelemahan Anda sendiri, atau kemampuan untuk mengambil keputusan secara profesional atau berdasarkan keinginan pribadi Anda sendiri.

Meningkatkan kesadaran diri merupakan bagian penting untuk tumbuh menjadi pemimpin yang lebih efektif sehingga  dapat mengukur efek yang dialami orang lain.

 

Menjadi Seorang Pelopor

Orang menghormati pemimpin yang menganut nilai-nilai yang kuat dan bertanggung jawab atas pilihan yang diambil dalam hidup. Untuk menunjukkan kekuatan internal ini Anda perlu memimpin dengan cara memberikan contoh.

Perlihatkan kepada tim Anda bahwa Anda memiliki kepercayaan diri untuk mengambil risiko, bahwa Anda dapat bertahan melalui masa-masa sulit, dan bahwa Anda siap untuk terus belajar, beradaptasi, dan menciptakan peluang bisnis baru.

Mengembangkan kesadaran diri

Agar efektif, Anda perlu untuk memimpin dari arah dalam ke luar – apa yang Anda pikirkan, dan apa yang Anda nilai sebagai prinsip hidup Anda, harus muncul dalam perilaku Anda.

Berpikir sebagai seorang pemimpin, Anda harus melihat ke kesadaran diri Anda serta kesadaran Anda dari dunia luar. Terpancar dari dalam bukan hanya tentang menjadi benar untuk prinsip-prinsip Anda sendiri tetapi hal itu menunjukkan hasil yang nyata di mata luar.

Ketika Anda merangkul nilai-nilai hidup Anda dan menerapkannya ke peran Anda sebagai seorang pemimpin, orang akan menghormati ketulusan Anda, mengakui apa yang Anda miliki dalam pekerjaan Anda dan tim Anda, dan merasakan bahwa Anda ingin orang lain secara bersama menuju sebuah kesuksesan.

Tumbuh kesadaran diri berarti menganalisis pikiran dan emosi, mencari sebanyak mungkin umpan balik dari orang lain, dan mengembangkan keterampilan mendengarkan secara bijak dan tajam.