Kota ini terletak tak jauh dari Jakarta. Sekitar 95 kilometer. Saat tol Cipularang belum dibuka, kota inilah alternatif lain dari Jakarta menuju Bandung, selain jalur Puncak.

Wilayah Purwakarta dilintasi oleh ruas Jalan tol Jakarta-Cikampek dan ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Gerbang Tol yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta adalah di Cikopo (Cikampek), Sadang dan Jatiluhur.

Meski demikian sejumlah tempat tetap saja dikunjungi pelanggannya yang sengaja melewati Purwakarta.

Masakan khas sunda, simping yang renyah hingga sate maranggi yang lezat itu rupanya selalu membuat lidah kangen untuk kembali menikmati beragam kuliner Purwakarta.

 

Sate Maranggi Purwakarta

Sate Anwar 1

Sate Maranggi Sate Anwar

Di Purwakarta sendiri ada ratusan penjual Sate Maranggi, karena dahulu Sate Maranggi biasa di jual dengan cara di pikul dan biasa menyebutnya bukan dengan kata “Sate Maranggi” tetapi cukup dengan kata “Maranggi” saja.

Jika anda berwisata ke Purwakarta berikut beberapa penjual Sate Maranggi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki keunggulan baik itu tempat dan cita rasa khas dari Sate Maranggi tersebut. Berikut beberapa penjual sate maranggi yang mungkin anda dapat kunjungi.

Salah satu sate Maranggi yang terkenal  adalah Sate Maranggi Bah Use. Sate ini terletak di Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan Purwakarta . Warung Sate Maranggi Abah Use terletak disamping Balai Desa Cihuni Kecamatan Pasawahan.

Sate Maranggi Anwar terkenal didaerah Pondok Salam karena tempatnya strategis ditepi jalan antara Pasawahan dan Wanayasa. Sate Maranggi Anwar juga memilki cabang yang banyak disepanjang jalan tersebut.

Daya tarik Situ Wanayasa semakin bertambah karena tepat di seberang jalan situ terdapat Warung Sate Maranggi yang menjadi khas Purwakarta.  Mereka bisa merasakan kenikmatan sate maranggi dengan rasa manis, sedikit asam, dan pedas. sambil menikmati panorama nan indah Situ Wanayasa. Demikian juga dengan warga yang berolahraga, apabila sudah lelah mereka biasanya mampir ke warung sate ini.

 

Mie Kocok Stasiun Purwakarta

Mie Kocok Stasiun Purwakarta

Mie Kocok Stasiun Purwakarta

Mie Kocok merupakan jajanan khas kuliner Bandung, Mie kocok menjadi trend seiring dengan pesatnya wisata kuliner di Nusantara terutama disetiap kota di Jawa Barat

Mie kocok Stasiun Purwakarta terletak di Jalan KK Singawinata dekat stasiun kreata api Purwakarta.  Mie Kocok Stasiun Purwakarta ini merupakan sentra kuliner yang selalu penuh dikunjungi terutama di malam hari.

Yang membuat mie kocok ini rami dikunjungi karena  tempat ini dekat dengan pusat kuliner Situ Buleud dan menyajikan kikil sapi  yang empuk dan lezat dibandingkan mie kocok lain di daerah Purwakarta.

 

 Bakso Tulang Cibungur Purwakarta

Bakso Tulang Cibungur Purwakarta

Bakso Tulang Cibungur Purwakarta

Lokasinya tidak jauh dari jalan raya Sadang – Cikampek, tepatnya daerah Cibungur. Agak masuk ke dalam melewati rel kereta api, belok kanan, belok kiri terus lurus. Tidak jauh dari situ akan didapati Bakso Tulang. Posisinya ada di sebelah kiri.

Sesuai namanya, khas warung bakso ini adalah tulangnya. Kalau ditempat lain, untuk mendapatkan tulang kita harus minta. Di sini, bakso dan tulang sapi menjadi bagian tidak terpisahkan dari mangkok bakso yang tersaji.

Disini juga menjual karedok dan gorengan dengan bala-bala ukuran jumbo, kerupuk dan buah jeruk dan pisang. Untuk minum mulai dari teh tawar sampai berbagai macam jus juga tersedia di sini.

 

Es Salju Gang Bayeman Purwakarta

Es Serut merupakan salah satu sajian kuliner es yang sangat terkenal di Indonesia.

Es Serut ini merupakan kuliner yang sangat menyegarkan dan menggugah selera karena kuiner es ini terbuat dari Es balok yang diserut dan diberi tambahan aneka paduan sirup dengan berbagai pilihan rasa ataupun berbagai buah.

Cuaca panas ketika anda di Purwakarta,  jangan khawatir anda mungkin dapat mampir di kuliner ini yang menyajikan es serut dengan tumpukan  yang penuh menyerupai salju.

Es Salju Gang Bayeman saat ini menjadi populer di Purwakarta. Letaknya ada di Jl. Taman Pahlawan Gang Bayeman didepan Giant Purwakarta.

 

Es Ciming Purwakarta

Es Ciming Purwakarta

Es Ciming Purwakarta

Dulu bernama es Shanghai. Namun kemudian namanya berubah menjadi es Ciming. Es campur ini diracik oleh Ko Ciming di Purwakarta, Jawa Barat. Rasanya khas. Itulah yang membuat usaha yang digeluti lelaki Tionghoa tersebut tetap laris manis sampai saat ini.

Letaknya di Jalan Jendral Sudirman atau lebih populer dengan daerah pasar jumat. Warungnya cuma kecil sekali meskipun di pinggir jalan utama tapi tidak begitu mencolok tempat ini.

Es Ciming ini cara menghidangkannya berbeda diluar cara menghidangkan es campur yang biasanya ada. bahannya hanyalah cincau, kelapa muda, kacang hijau rebus dan cendol kecil-kecil buatan pemiliknya disusun barulah di uruk dengan es serut, lalu disiram dengan sirup botolan dan kemudian barulah ditutup dengan susu kental manis.

 

RM Soto Sadang Purwakarta

RM Soto Sadang Purwakarta

RM Soto Sadang Purwakarta

Soto sadang sangat kondang di Purwakarta dibuka sekitar tahun 80-an dan berlokasi di dekat jembatan layang menuju ke kota Purwakarta

Pemiliknya sendiri adalah H. Charli Suherli dan Ny. Mimi Rasmiati, saat ini Soto Sadang memiliki banyak lokasi cabang baru dengan parkiran dan kaspasitas yang lebih besar.

Soto Sadang ada beberapa pilihan isi. Di antaranya ayam, babat, daging, kaki sapi (kikil), buntut atau campur dengan bersantan atau bening.

Soto sadang tidak hanya menjual soto  terdapat pilihan makanan lainnya seperti gulai, sate kambing, cah kangkung, ikan bakar atau goreng, ayam hingga seafood . Ada juga sejumlah lauk goreng seperti ayam kampung, babat, usus, ati ampela, empal, limpa, hingga paru goreng.

Untuk minuman, terdapat aneka jus dengan nama yang menarik yaitu Valentine, Lolypop, Mayerling, Venezia, Kawah Hijau, Sweet Monica, Sky Garden, dan masih banyak lagi.

Jus ini dibuat dari aneka buah seperti sirsak, melon, markisa, jeruk nipis, jeruk peras, timun, semangka, apel, nanas, tomat, kelapa, avokad, kacang, pepaya hingga campuran sirup duren, sirup merah hingga sirup moka.

 

Sambel Hejo Sambel Dadak Purwakarta

Sambel Hejo Sambel Dadak Purwakarta

Sambel Hejo Sambel Dadak Purwakarta

Rumah makan Sambel Hejo Sambel Dadak  menyediakan masakan khas Sunda yang dikemas dengan konsep Alacarte dan siap saji, di mana pilihan hidangan sudah tersedia di display dan tinggal dipilih sesuai selera.

Sambel Hejo Sambel Dadak memilki pusat di Cigane dengan membuka cabang di Pondok Salam. Sambel Hejo Sambel Dadak Cigane merupakan salah satu restaurant yang menyajikan masakan khas sunda. Didirikan pada tahun 2012 oleh Seorang pecinta Kuliner Indonesia Khususnya Masakan Sunda dengan berawal dari hoby yang berujung bisnis.

Sambel Hejo Sambel Dadak selain memberikan citarasa dan pelayanan yang memuaskan kepada para konsumen juga telah memberi banyak manfaat bukan hanya kepada karyawan dan perusahaan, tetapi juga kepada seluruh masyarakat yang disekitarnya.

Nama Sambel Hejo Sambel Dadak mempunyai sebuah arti.  Masakan asli desa pasundan pedalaman yang konon banyak digemari oleh masyarakat Umum.

 

Surabi kedai Koka Purwakarta

Surabi kedai Koka Purwakarta

Surabi kedai Koka Purwakarta

Kedai Koka Jalan Taman Makam Pahlawan. Kedai ini selalu ramai saat malam hari. Menunya mulai dari surabi sampai makanan yang khas dan minuman segar. Semuanya dengan harga terjangkau dan nyaman untuk jadi tongkrongan.

Secara umum, hidangan ringan di kedai ini ada 3 jenis, serabi asin, manis, dan pisang bakar. Untuk serabi asin l pilihan toppingnya ada oncom, oncom spesial, telur, telur keju, ayam, ayam keju, sosis, telur keju spesial, dan masih banyak lagi.

Untuk yang manis, Anda bisa memilih aneka per­paduan kinca, susu, keju susu, cokelat, dan spesial. Yang menjadi favorit adalah oncom spesial berupa serabi dengan taburan oncom di atasnya, lalu diberi saus yang agak pedas.

 

Aneka pepes Rumah Makan Ani Purwakarta

Aneka pepes Rumah Makan Ani Purwakarta

Aneka pepes Rumah Makan Ani Purwakarta

Pepes adalah masakan khas dari sunda dan buat anda penyuka pepes maka rumah makan inilah yang patut dikunjungi.

Saat Anda memasuki ruangan, deretan piring berisi menu pepes langsung terhidang di depan mata. Lengkap dengan papan-papan kecil bertuliskan jenis pepesnya. Ada jambal, teri, lele, ikan mas, peda, ampela, oncom, belut, telur ikan, jamur, gurame dan ayam.

Disajikan bersama lalapan, dan dua jenis sambal. Ada sambal terasi dan uleg mentah. Dua-duanya sama lezat dan pedas.  Selain pepes, ada menu lain berupa ayam bakakak bakar. Untuk minuman, tersedia kelapa muda yang segar dan aneka jus buah.

 

Ayam goreng kampung dadakan sajolna Purwakarta

Ayam goreng kampung dadakan sajolna Purwakarta

Ayam goreng kampung dadakan sajolna Purwakarta

Ayam apalagi yang digoreng, menjadi sajian yang hampir selalu ada di tiap kota di Indonesia. Tak terkecuali di Purwakarta. Jika bertanya pada orang Purwakarta soal ayam goreng yang enak, mereka menyebut Sajolna.

Terletak di Jalan Basuki Rahmat, warung sederhana milik Hajjah Mimin ini tak pernah sepi pengunjung. Area santapnya ada yang di depan dengan meja kursi atau di bagian belakang dengan bentuk lesehan. Di bagian ini bisa makan sambil melihat gemericik aliran air sungai yang ada di sisinya.

Ayam ini disajikan dengan sambal dadakan,  ayamnya digoreng dadakan dan sambalnya pun diulek dadakan.

Disajikan bersama lalap dan nasi hangat, ayam goring ini dimulai usahanya sejak lama yaitu tahun 1982.

Ayamg di sajikan lengkap dengan kepala, ceker, sampai ati ampelanya dan masih ada menu lain seperti tahu, tempe, ikan asin peda, petal, jengkol, sayur asem, karedok, lotek, sampai pencok leunca.

 

Peuyeum Bendul Purwakarta

Wisata Kuliner Peuyeum Bendul

Wisata Kuliner Peuyeum Bendul

Purwakarta punya peuyeum yang terkenal yaitu peuyeumBendul. Dijual di sepanjang Jalan Raya Bendul. Di sepanjang jalan kurang lebih 2 km Anda akan menemukan dertan kios-kios yang menjual peuyeum dengan cara digantung

Berbeda dengan peuyem Bandung rasanya lebih manis dan lebih padat. PErbedaan pada proses pemeraman di dalam keranjang bambu beralas daun pisang. Kalau peuyeum Bandung biasanya 2 malam, kalau peuyeum Bendul hanya 1 malam. Lalu digantung sampai matang.

Peuyeum ini akan matang dalam 2 hari. Jika ingin lebih manis, biarkan sampai 3-4 hari. Prosesnya lumayan panjang. Singkong yang telah dikupas dicuci hingga bersih. Jika tidak bersih maka rasanya asam. Singkong ini lalu direbus hingga terapung lalu didinginkan hingga dingin betul. Selanjutnya diberi ragi dan diperam dalam keranjang.

Sedangkan makanan colenak adalah olahan peuyeum yang dikukus atau dibakar kembali, lalu diberi gula merah, kacang tanah, dan kelapa.

 

Simping kaum Purwakarta

Simping Kaum Purwakarta

Simping Kaum Purwakarta

Camilan renyah berbentuk bulat pipih dengan rasa yang gurih ini selalu enak jadi teman dikala senggang. Warnanya putih dengan rasa gurih plus aroma bawang dan kencur yang cukup terasa.

Simping Kaum merupakan campilan ringan berbentuk bulat tipis seperti lembaran. Pada umumnya simping kaum ini berwarna putih. Simping kaum terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka yang diberi bumbu-bumbu seperti bawang, kencur, dan juga santan. Adonan ini kemudian dibentuk bulat-bulat tipis dan dimatangkan dengan cara dipanggang dengan menggunakan alat khusus.

Seiring berjalannya waktu, simping kaum ini pun mengalami perkembangan dari segi rasa. Kalau biasanya simping kaum hanya memiliki rasa gurih, kini mulai hadir dengan aroma pandan dengan rasa yang sedikit manis, aroma nangka, pisang, hingga keju dan juga cokelat.

 

RM. Hj. Ciganea Purwakarta

RM. Hj. Ciganea Purwakarta

RM. Hj. Ciganea Purwakarta

Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1971 yang berasal dari desa Mekargalih, Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Rumah makan ini didirikan oleh Rd. Atik Jaya Saputra dan saat ini telah dilanjutkan oleh generasi ketiga beliau.

Selain kuliner ikan mas kecil yang digoreng renyah disini pun anda bisa menemui kuliner ikan mas goreng yang gurih, selain itu pula, di rumah makan ini juga tersedia kuliner khas Sunda berikut lalap-lalapannya. Seperti Ayam goreng kampung, gepuk, perkedel jagung atau udang, pencok kacang panjang atau pencok leunca ekstra pedas, begitu juga dengan lalap matangnya yang tak kalah enak seperti daun singkong, daun pepaya, daun waluh.

Dan tidak lupa pengolahan sayuran khas sunda karedok dan pencok leunca disajikan. Selain itu, terdapat menu lain seperti nasi goreng dan minuman aneka jus buah.

Referensi : Wikipedia.com, Detik.com, Foursquare.com