Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah ekowisata dalam bentuk konservasi bambu dengan konsep 7E yang terdiri dari Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika, dan Entertainment. Dengan dasar 7E terserbut Dusun Bambu bermimpi menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat.

Berdiri seluas 15 hektar dibawah kaki gunung Burangrang, Dusun Bambu Family Leisure Park semula adalah lahan yang ditinggalkan para petani sekitar dalam keadaan yang memprihatinkan.

Pada tahun 2008 sekumpulan pengusaha Indonesia berinisiatif untuk memperbaikin ekosistem lahan yang rusak ini dan menjadikannya sebuah surga dan lahan konservasi bambu. Berangkat dari kesuksesan Kampung Daun Cultural Gallery and Cafe, Dusun Bambu pun memiliki konsep yang mengedepankan keindahan alam yang hijau.

Proyek Dusun Bambu dimulai dengan melakukan penghijauan melalui penanaman lebih dari 100,000 pohon di Dusun Bambu dan area sekitar untuk mengembalikan surga yang telah hilang.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat

Photo Credits: Dusun Bambu

Pada tahun 2008 sampai tahun 2011 proyek Dusun Bambu diambil alih oleh alam sekitar. Pohon pohon yang kecil pun tumbuh menjadi besar dan Dusun Bambu menjadi hijau kembali.

Dibawah arahan arsitek hijau, Oky Kusprianto, bangunan di Dusun Bambu pun dirancang sebegitu rupa sehingga tidak hanya indah secara estetika tetapi juga memiliki konsep green. Tahun 2012 proses konstruksi pun mulai berjalan, kontraktor dan puluhan landscaper menciptakan sebuah simphoni yang indah antara alam dan arsitektur.

Setelah sekian lama, penantian pun berakhir. Dusun Bambu membuka pintu pertama kali pada tanggal 16 Januari 2014 dihadiri berbagai pemuka masyarakat dan pengusaha serta masyarakat lokal.

Untuk menjangkau tempat ini Anda bisa menggunakan akses lewat Jl. Kolonel Masturi. Dari pusat kota Lembang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Selain dari Lembang, untuk menuju Dusun Bambu dapat juga lewat Cimahi.

Lokasi atau alamat Dusun Bambu terletak di Jl. Kertawangi (Komplek Komando), Cisarua Bandung Barat, dapat ditempuh melalui Jl. Kolonel Masturi KM 11. Untuk menuju ke Dusun Bambu bisa melalui rute berikut ini:

Tol Pasteur -> Ledeng -> Jl. Sersan Sodik -> Jl. Kolonel Masturi
Tol Padalarang -> Cimahi -> Jl. Kolonel Masturi
Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jl. Kolonel Masturi

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Lokasi

Photo Credits: Dusun Bambu

Dengan luas 15 hektar tentu banyak fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan oleh ekowisata Dusun Bambu, diantaranya adalah:

Sayang Heulang

Mengadopsi konsep camp dengan layanan premium, Camp Sayang Heulang tidak seperti berkemah dengan cara biasa tetapi menambahkan fasilitas yang lebih modern sehingga memungkinkan para tamu untuk merasa istimewa ketika mereka menghabiskan malam di tempat terbuka.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Sayang Heulang

Photo Credits: Dusun Bambu

Sayang Heulang adalah sesuatu yang berbeda dengan mengusung konsep yang ramah lingkungan tetapi tetpa menyerupai layanan hotel pada umumnya sehingga menjadi pilihan sempurna untuk berkemah secara individu atau berkelompok.

Burangrang

Nikmati waktu santai bersama keluarga Anda di Cafe Burangrang, sebuah restoran tepat di jantung Dusun Bambu dengan menawarkan rasa yang sangat baik dari masakan Indonesia berkolaborasi dengan pemandangan indah Gunung Burangrang.

Cafe Burangrang adalah salah satu permata mahkota di Dusun Bambu, memulai hari Anda dengan sarapan mewah atau menikmati sore Anda menyeruput teh disertai dengan makanan ringan tradisional dengan pemandangan yang indah.

Kafe ini merupakan terbesar di Dusun Bambu, Cafe Burangrang berfungsi sebagai titik pertemuan bagi keluarga, teman dan kolega menyediakan berbagai layanan seperti pertemuan keluarga dan makan siang, pelatihan perusahaan dan atau bhkan cocok untuk kumpul ‘arisan’ di antara teman-teman dekat.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Burangrang

Photo Credits : Dusun Bambu

Burangrang juga menjadi salah satu poin utama di wilayah Dusun Bambu Family Leisure Park. Terletak di dataran tinggi yang akan memberikan sesuatu pemandangan landscape yang istimewa pada gunung Burangrang yang akan mengingatkan Anda akan legenda Sangkuriang.

Istilah ‘Burangrang’ itu sendiri berasal dari ‘bukit dan cabang’, simbol hubungan antara manusia dengan keturunannya serta dengan masyarakat.

Menikmati indahnya matahari terbenam di atas danau atau makan malam di tempat terbuka yang romantis dengan makanan khas Dusun Bambu seperti ayam bakar bambu betutu atau nasi timbel Burangrang.

Lutung Kasarung

Menikmati hidangan di atas pohon dengan orang yang Anda cintai, akan memiliki kenangan dan cerita tersendiri. Apalagi ditambah dengan udara segar dari gunung dan alam sekita .

Bagi Anda yang memiliki semangat pengembara, Anda dapat makan malam di atas pohon dengan sensasi unik. Tentu saja tidak dengan cara memanjat.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Lutung Kasarung

Photo Credits: Dusun Bambu

Dari atas pohon, Anda dan orang yang Anda cintai dapat menikmati alam dan angin gunung yang menyegarkan. Dengan bentuk sangkar burung tradisional yang berada diatas pohon, Lutung Kasarung menyajikan bermacam menu dari mulai menu masakan international sampai masakan khas Sunda.

Kisah romantis Lutung Kasarung adalah inspirasi utama untuk Dusun Bambu Family Leisure Park untuk membuat sebuah restoran di atas pohon. Sejalan dengan cerita Danau Purbasari yang terletak di pusat wilayah desa, Lutung Kasarung restoran memiliki konsep arsitektur berbentuk sangkar burung untuk menggambarkan diorama dari seluruh gambar pemandangan gunung.

Purbasari

Mencicipi masakan tradisional khas Sunda yang terkenal. Dengan gaya ‘lesehan’ di gazebo bambu di tepi danau, dikelilingi oleh udara segar dan latar belakang gunung.

Berada di tepi danau dengan pemandangan gunung sebagai latar belakang membuat Saung Purbasari Restaurant memeberikan pengalaman yang berbeda dengan ditambah mencicipi makanan Indonesia yang dimasak oleh tim kuliner Dusun Bambu Family Leisure Park.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Purbasari

Photo Credits : Dusun Bambu

Rasa masakan Sunda telah menjadi bagian penting dari budaya tradisional Sunda. Di Saung Purbasari, Anda akan dibawa ke tingkat yang berbeda, di mana Anda menikmati makanan dalam nuansa romantis dari cerita rakyat Sunda terkenal, Lutung Kasarung.

Saung Purbasari menjadi gambaran pondok Putri Purbasari Ayuwangi ketika dibuang ke hutan oleh saudarinya yang cemburu, Purbararang.

Dengan kapasitas 4 sampai 12 orang, Anda bisa menemukan tema yang berbeda pada masing-masing gazebo. Menikmati makanan dan minuman di sekitar dengan kisah cinta yang luar biasa tentu saja akan membawa pengalaman khusus untuk Anda.

Pasar Khatulistiwa

Jika Anda mencari camilan khas Indonesia atau souvenir sebagai hadiah, Pasar Khatulistiwa tempatnya. Nikmati Sensasi Memorable Belanja di Pasar Khatulistiwa.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Pasar Khatulistiwa

Photo Credits: Dusun Bambu

Jika mencari kuliner khas Indonesia dan kerajinan maka sudah pasti Pasar Khatulistiwa tempatnya yang akan membawa Anda ke pengalaman yang paling mengesankan dengan produk yang sehat, segar, dan tidak biasa seolah menjadi hadiah yang berharga di tengah angin pegunungan yang menyegarkan.

Sebagai salah satu tempat yang paling indah untuk dikunjungi, Anda juga bisa mendapatkan produk-produk pertanian segar, makanan ringan kerajinan souvenir dari masyarakat lokal di sekitar Gunung Burangrang.

Canoeing atau Sampan Sangkuriang

Salah satu cara terbaik untuk memperoleh suasan ekowisata yang menarik yatu dengan meraih dayung dan mengambil kano keluar ke saluran air.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Canoeing Sampan Sangkuriang

Photo Credits : Dusun Bambu

Anda dapat mendayung jalan di seberang danau, atau hanya bersantai, mengambang, dan menikmati pemandangan alam dari kaki gunung Burangrang yang memiliki udara segar.

Ini akan membawa Anda memperoleh pengalaman seumur hidup yang mengesankan.

Kampung Layung

Membenamkan diri dalam tradisi Sunda lokal dengan menginap di villa tradisional dilengkapi dengan pelayan pribadi dan privasi belum pernah ada sebelumnya yang pasti akan membawa Anda dan orang yang Anda cintai merasa damai.

 

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Kampung Layung

Photo Credits : Dusun Bambu

Camping

Dusun Bambu Family Leisure Park menyediakan liburan keluarga yang tak terlupakan. Tempat wiasta ini akan mengundang Anda dan keluarga Anda untuk mengalami alam bebas yang indah di kaki bukit kawasan Burangrang untuk mendapatkan pengalaman berkemah yang luar biasa.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Camping

Photo Credits : Dusun Bambu

Dusun Bambu Family Leisure Park memiliki banyak pilihan, termasuk situs waterfront, lokasi pribadi dan daerah kelompok berkemah yang sempurna.

Hiking

Ini adalah cara yang indah untuk menjadi lebih dekat dengan alam dan lebih menyenangkan bagi keluarga atau teman-teman. Ketenangan pikiran akan kembali saat Anda menjelajahi bermil-mil jalan di Dusun Bambu Family Leisure Park.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Hiking

Photo Credits : Dusun Bambu

Apakah Anda sedang mencari waktu yang berkualitas, memiliki latihan akhir pekan, atau pergi untuk sekedar menyendiri, hiking di Dusun Bambu akan menjadi pengalaman terbaik seumur hidup Anda.

Memanah

Mencoba tantangan pada salah satu olahraga tertua di dunia, melalui tutor memanah yang ahli dan berpengalaman akan membantu Anda untuk mencapai target memanah anda.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Memanah

Photo Credits : Dusun Bambu

Sudah tersedia busur dan anak panah dan semua peralatan keselamatan yang dibutuhkan. Di sini, di Dusun Bambu Family Leisure Park, menawarkan pengalaman unik dan menggembirakan untuk petualangan keluarga, sehingga membuat akhir pekan anda menyenangkan.

Team Building Program

Jauh dari tempat kerja sehari-hari dan di daerah keindahan alam yang luar biasa, Dusun Bambu Family Leisure Park akan membantu anda untuk lebih fokus dan lebih menginspirasi tim Anda.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Pasar Outbound Team Building

Photo Credits : Dusun Bambu

Terdapat program-program yang dapat berlangsung dari satu jam untuk setengah hari atau bahkan sehari penuh. Terdapat pilihan di dalam ruangan serta tantangan luar ruangan yang cocok untuk hampir semua ukuran kelompok.

Bersepeda

Berolahraga di tengah-tengah pegunungan, dengan nuansa hijau dan udara segar tentu akan memberikan pengalaman yang lebih bermakna untuk latihan pagi Anda.

Bagi Anda pecinta jogging atau bersepeda, Dusun Bambu Family Leisure Park menyediakan fasilitas yang akan membawa pengalaman yang tak terlupakan.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Bersepeda

Photo Credits : Dusun Bambu

Dengan lintasan yang terletak sampai ke perkebunan teh Sukawana, Anda dapat langsung merasakan keanggunan alami dari kaki Burangrang.

Anda dapat berhenti dan beristirahat di sepanjang trek, melihat kehidupan masyarakat sekitar atau hanya menikmati pemandangan yang sangat indah dari kaki gunung Burangrang.

Bamboo Play Ground, Rabbit Wonderland & Creativity Ship

Belajar dan bermain adalah dua elemen dasar dari dunia anak-anak. Melalui permainan, anak-anak Anda akan belajar tentang alam dan mendapatkan pengalaman alam mereka sendiri.

Bambu Playground Corps, atau Tigers State Corps adalah tempat bagi anak-anak Anda untuk belajar dan bermain sambil bersenang-senang menjelajahi Dusun Bambu Family Leisure Park.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Bamboo Play Ground, Rabbit Wonderland & Creativity Ship

Photo Credits : Dusun Bambu

Hiking, belajar tentang tali-temali, panen produk pertanian, bermain permainan tradisional, atau bahkan tidur di area outdoor dengan anggota korps Bambu Playground lainnya. Hal ini yang akan membuat putra-putri Anda akan merasakan kegembiraan.

Sawah di kaki Gunung Burangrang

Terdapat Sawah dari Dusun Bambu Family Leisure Park dengan pemandangan gunung sebagai latar belakang, dikombinasikan dengan kehidupan sederhana para petani.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Lutung Sawah

Photo Credits : Dusun Bambu

Tidak hanya untuk mempercantik landscape, Dusun Bambu Sawah juga sebagai bagian dari konsep alam, budaya, dan produksi pertanian, serta sistem irigasi modern.

Jika Anda cukup beruntung, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk panen padi mengalami ketika waktu panen tiba.

Taman Bunga

Taman bunga di kaki gunung harus menjadi bagian dari perjalanan Anda ketika berkunjung di Dusun Bambu Family Leisure Park. Dengan keindahan taman yang terbalut pemandangan pegunungan, Anda akan menemukan pesona yang akan terus tertanam dalam memori Anda.

Dusun Bambu Bandung Ekowisata Jawa Barat Lutung Taman bunga

Photo Credits : Dusun Bambu

Bunga selalu menjadi inspirasi bagi setiap manusia. Dusun Bambu Family Leisure Park menyajikan semacam inspirasi, melalui Arimbi Flower Garden yang dapat Anda temui di atas kompleks desa.

Anda dapat menggunakannya untuk bersantai, mengambil gambar dengan keluarga dan kerabat, atau hanya duduk dan menikmati udara segar pegunungan. Cari inspirasi Anda sendiri di antara keindahan taman bunga kami.