Ketika Anda mengambil peran kepemimpinan, Anda mungkin hanya diharapkan untuk memberikan beberapa tugas dari setiap koordinasi pertemuan.

Atau bisa jadi tugas yang lebih besar lagi yaitu mengembangkan peluang baru melalui visi dan nilai-nilai organisasi Anda dan memastikan semua bagian organisasi Anda mengikutinya.

Jika Anda berkembang pada berpikir kreatif, dalam membimbing orang, bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda, dan membuat keputusan intuitif, Anda berada di jalan untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, pemimpin yang bagus juga memiliki kemampuan analisis dan pemecahan setiap masalah.

Berpikir Pemimpin

Pemimpin yang dibuat bukan bakat dari lahir. Keinginan nyata untuk memimpin merupakan prasyarat untuk menjadi seorang pemimpin, sedangkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk memimpin dapat dipelajari kemudian.

Kepemimpinan memiliki banyak sisi dan tidak ada definisi sederhana yang baku, seperti contoh kemampuan untuk

menginspirasi dan mendorong orang lain untuk mengatasi tantangan, menerima perubahan terus-menerus, dan mencapai tujuan.

Kesemua itu adalah kapasitas yang diperlukan untuk membangun tim yang kuat, tim yang efektif; dengan menggunakan pengaruh Anda untuk membujuk dan mengarahkan.

Pemimpin menetapkan contoh yang kuat melalui prinsip-prinsip kehidupan mereka sendiriĀ  mereka bertujuan mencapai hasil, tetapi juga harus bertanggung jawab atas kegagalan.

Memimpin dan Mengelola

Kepemimpinan berbeda dari manajemen. Seorang pemimpin adalah seseorang yang membuat keputusan dan dapat berkomunikasi, berbeda dengan manajer yaitu bertugas mengimplementasikan strategi, mengukur kinerja berjalannya sebuah sistem.

Tetapi manajer yang baik memerlukan beberapa kepemimpinan, dan sebaliknya pemimpin yang besar mengetahui apa yang diperlukan untuk menjadi seorang manajer yang baik.